Codecamy: Website Interaktif untuk Belajar Coding

Hari ini gw ada browsing tentang topik-topik yang berhubungan dengan programming, lalu gw nyasar ke blog Programming Zen. Lalu gw baca-baca beberapa postingan di sana & nemuin satu postingan tentang usability test buat website Codecademy. Jadi ceritanya dari postingan tentang usability test itu gw tau tentang website yang namanya Codecademy ini. Codecademy ini website yang dibuat untuk ngebantuin orang-orang yang baru mulai belajar programming dari awal, & websitenya dibikin lumayan interaktif. Gw sendiri belum nyobain fitur-fiturnya yang khusus member, tapi gw coba tutorial JavaScript yang dikasih buat non-member sih lumayan bagus.

Di bagian yang gw cobain tadi sih kita disuruh nyobain beberapa function & diajarin logika dasar pemrograman. Cara ngajarinnya sih nggak ngebosenin-ngebosenin banget kalo menurut gw. Materi yang diajarin di tutorialnya bukan barang baru buat gw sih, jadi mungkin berpengaruh ke faktor kebosanan gw pas ngikutin tutorial itu tadi juga. Tapi kalo buat orang yang baru mulai belajar & emang minat sih kata gw ini pantas dicoba, & kalo berniat daftar pasti yang punya website itu bakal seneng banget. Iya, yang bakal seneng yang punya websitenya, bukan gw. Gw sendiri belum tau selain JavaScript dasar apa aja yang bakal diajarin di sana, tapi yang pasti ini website pantes dicoba lah. Lumayan canggih soalnya.

Ngomong-ngomong kita ngerjain soal-soal yang dia kasih nanti di box console yang bentuknya mirip tampilan command prompt Windows ini.

Contohnya kayak yang di screenshot di atas, di sini kita diminta ngetik nama kita pake tanda kutip. Jadi kalo yang ikut tutorial ini namanya Brad Pitt, nanti yang diketik di situ kayak begini.

"Brad Pitt"

Lalu tekan enter. Di bagian awal-awal sih kita cuma diminta ngetik di console, ntar pas udah mulai menuju ke akhir tutorialnya baru bakal nyentuh kodingan. Di akhir-akhir nanti tampilannya bakal kayak begini.

Di bagian atas ada text editor yang kita pake buat ngoding & di bawah ada tampilan console buat nampilin output kodingannya. Kalo di screenshot yang di atas ini tadi sih kita cuma disuruh ngubah nilai variabel number biar cocok sama yang diminta di perintah if & perintah yang ada di dalam tanda kurung kurawalnya dijalanin.

Pokoknya ini website berguna lah buat yang baru belajar, kalo buat yang udah jago sih gw nggak tau seberapa berguna pelajaran-pelajaran yang bakal didapet member website ini nanti. Gw belum nyobain & sampe sekarang sih belum ada niat daftar di situ buat dapet materi lebih banyak, tapi kalo ada yang berminat sih silakan daftar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s