Router & Routing

Di antara kita-kita yang pernah ngebuka command prompt Windows & ngetik perintah ipconfig, kayaknya udah pasti pernah liat tampilan kayak screenshot di bawah ini. Atau buat pemakai Linux, perintahnya namanya ifconfig. Tampilannya agak beda emang, tapi yang ditampilin kira-kira sama dengan yang di bawah ini.

Untuk yang belum ngerti tentang baris IPv4 address & subnet mask, mungkin bisa skimming post gw yang satu ini buat sekedar tau. Kalo buat ngertinya sih nggak bisa cuma skimming pastinya. Tapi sekarang fokusnya ada di baris paling bawah, default gateway. Alamat IP yang dipasang di default gateway itu alamat IP yang kita pake untuk router, yang kalo nggak dipasang udah pasti komputer satu jaringan LAN kita nggak bisa konek ke Internet. Kalo ada yang bilang buat konek ke Internet itu yang penting ada modem, nggak salah sih. Tapi itu cuma berlaku kalo komputer yang mau dikonekin ke Internet cuma ada satu. Kalo ada banyak udah pasti kita harus setup LAN dulu, & dari LAN kita nggak bisa langsung konek ke Internet begitu aja.

Gambarnya kira-kira kayak yang di bawah ini. Yang di bawah ini bukan gambar punya gw, gw nyomot dari sini.

Router ini fungsinya untuk routing, bisa dibilang fungsinya router itu buat ngarahin aliran data dari satu subnet ke subnet lain biar bisa sampe di host tujuan. Komputer biasa juga bisa difungsiin sebagai router, kayak yang ditulis di postingan blog tempat gw nyomot gambar itu tadi. Router ini bisa dibilang komputer juga, tapi fungsinya dibatasi cuma sekedar untuk routing. Settingan router dilakuin dari komputer yang disambungin ke routernya pake kabel console, berhubung router nggak ada monitor & keyboardnya kayak komputer yang biasa kita pake. Settingnya dilakuin pake command line, yang perintahnya beda-beda tergantung merek routernya. Normalnya sih begitu, tapi di rumah gw pake router yang bisa disetting dari web browser. Kebetulan router gw ada web servernya di dalem, jadi interface untuk settingannya juga web based. Fungsi routingnya juga nggak semantep router yang beneran router sih, berhubung ini router cuma buat sekedar konek dari LAN ke Internet. Gw pake router Cisco Linksys, tapi gw lupa tipenya apa. Nih tampilannya.

Kalo router yang bener-bener router, kita bisa ngeset cara routingnya juga. Garis besarnya sih bisa dibagi jadi static routing & dynamic routing. Kalo static routing, kita sendiri yang nginput data-data kayak network address, subnet mask, & next hop dari routernya & kalo ada perubahan dalam jaringan kita harus update routing tablenya sendiri. Sementara kalo dynamic routing kita cukup masukin network address, untuk urusan next hop & update routing table nantinya dilakuin sendiri sama routernya.

Jaringan Internet juga sebenernya isinya kayak sambungan router-router aja sih. Jadi satu router disambung ke router yang lain, lalu ke router berikutnya lagi sampe akhirnya berakhir di end device kayak server atau komputer yang kita pake sekarang. Ini keliatan kalo kita ngejalanin tracert di command prompt Windows. Di bawah ini screenshot waktu gw ngetrace route dari komputer gw sampe ke server Yahoo! yang ada entah di mana.

Dari screenshot di atas ini kita bisa liat kalo data yang dikirim dari komputer gw ke server Yahoo! harus ngelewatin 16 router. Kalo screenshot yang di atas ini & screenshot yang pertama gw taruh di postingan ini diperhatiin, keliatan kalo IP address router pertama yang dilewatin data yang gw kirim sama dengan IP address default gateway komputer gw. Pas udah ngelewatin router itu, datanya masuk ke subnet lain yang punya IP public. Mulai dari sini datanya masuk ke router-router punya ISP, lalu diterusin sampe ke server Yahoo! yang IP addressnya 67.195.160.76.

One thought on “Router & Routing

  1. Pingback: Seven Layers of OSI Model | Twisted Pair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s