Custom Partitioning Waktu Nginstall Linux

Buat orang yang udah kebiasa nginstall Windows mungkin bakal agak bingung kalo disuruh nginstall Linux pake custom partitioning. Gw juga awalnya bingung sih, soalnya kalo pas nginstall Windows kita cuma perlu bikin satu partisi buat tempat nginstall Windowsnya (nantinya jadi drive C:\) sementara pas nginstall Linux kita perlu bikin beberapa partisi untuk tempat nginstallnya.

Gw sendiri sih pas nginstall bikin empat partisi untuk boot loader, root, home, & swap. Gw bikin partisi kayak gitu gara-gara tutorial yang gw pake pas belajar nginstall pake custom partitioning ini nyaranin pake empat partisi itu, tapi gw udah lupa URLnya & gw search di Google nggak nemu-nemu lagi. Jadi langsung aja dah.

Pertama, boot loadernya. Set mount pointnya ke /boot. Partisi untuk boot loader nggak perlu gede-gede sih, gw bikin biasanya cuma sekitar 300MB. Untuk formatnya gw biasanya pake ext2. Gw belum pernah nyobain pake ext3 atau ext4 untuk boot loader sih, tapi harusnya bisa juga.

Kalo udah, kita pindah ke root. Untuk rootnya, set mount point ke / (iya, mount pointnya cuma tanda ‘/’ doang isinya). Ukuran partisi bisa dibikin sesuai kebutuhan. Formatnya ext4 aja, kalo pakenya kernel versi agak lama yang nggak support ext4 bisa pake ext3.

Untuk home kurang lebih sama kayak root, tapi mount pointnya diset ke /home. Bagian ini gunanya buat jadi home folder user, kalau yang root tadi buat nyimpen file-file system yang rada-rada sensitif. Pastiin ukuran partisinya cukup buat nyimpen lumayan banyak file kalo emang mau dipake buat nyimpen file. Gw sih lebih suka nyimpen file di external hard disk atau di partisi drive D:\ yang gw bikin pas gw nginstall Windows sebelumnya, jadi nggak perlu space gede untuk home folder.

Partisi terakhir yang gw bikin yang sebenernya nggak dibikin juga nggak kenapa-kenapa, swap. Untuk nambahin partisi swap, set formatnya ke swap. Partisi ini nggak perlu diset mount pointnya, fungsinya buat jadi virtual memory. Kalo RAM kita udah gede sih kayaknya kita nggak perlu pake ini, berhubung virtual memory itu gunanya buat nampung data-data yang nggak muat di RAM.

Buat penjelasan tentang mount point yang belum gw sebutin, bisa cek di sini.

Leave a Reply

