Kenapa di Facebook Bisa Begitu

Tadi ada temen gw yang nanya soal kasus kayak gambar di atas ini ke gw. Belakangan ini kayaknya di FB mulai rame nyuruh-nyuruh orang copas gabungan simbol & angka kayak yang di gambar itu & disuruh ngehapus tanda ‘+’ yang dijepit tanda ‘@’ & tanda ‘[‘ sejak triknya dimuat di 9gag & MemeBase.

Buat kasus temen gw ini, dia ngopas string “@+[221963043603:0]” & ngehapus tanda ‘+’ yang ada di situ. Tapi pas tanda ‘+’ udah dihapus & status atau komen yang diketik dipost, yang keluar bukan “@[221963043603:0]”, tapi link ke grup FB Saya BANGGA menjadi orang INDONESIA! (I am PROUD to be INDONESIAN!). Kenapa bisa begitu? JENG JENG JENG!

Sebenernya ini bukan trik sulap atau apa sih. Semua halaman di FB, mulai dari profil FB kita, fan page artis-artis top, sampe ke halaman grupnya punya ID. ID ini gunanya buat mastiin pas kita buka halaman profil si A di FB yang kebuka bener-bener halaman profil si A, nggak nyasar ke halaman profil si B, si C, atau si D. Coba kalo kita ke halaman profil FB  kita masing-masing (yang URLnya belum dibikin custom URL loh ya), pasti di URLnya ada bagian yang diputus tanda ‘?’, lalu di sana ada tulisan “id=…”. Kalo buat kasus di status temen gw itu tadi, ini URL grupnya.

http://www.facebook.com/group.php?gid=221963043603

Di halaman itu ditulisnya “gid=…”, bukan “id=…”. Tapi fungsinya kira-kira sama, gid itu nunjukin ID grup itu tadi. Coba perhatiin, ID yang dicantumin di URL ini “221963043603”, sama dengan angka-angka yang ada di deretan simbol & angka yang kita copas tadi kan?

Lalu kenapa dengan nulis “@[221963043603:0]” di status atau komentar di FB kita bisa ngetag halaman orang lain? Di FB kita bisa ngetag orang lain pake tanda ‘@’ disusul nama orangnya. Tapi di situ kita harus milih satu dari daftar orang-orang yang muncul di bawah tag yang belum kita beresin, kan? Waktu kita milih nama orang yang mau kita tag, sekilas keliatannya kita langsung ngetag orang itu dari namanya. Tapi kalo kita beneran ngetag dari namanya bakal ada masalah kalau ternyata ada orang lain yang namanya sama, ada kemungkinan tagnya nyasar ke orang lain yang punya nama sama dengan orang yang mau kita tag. Jadi kemungkinan sih orang yang kita pilih buat ditag tadi diambil nomor ID profilnya aja & tagnya dijadiin “@[(ID profil target):0]”, soalnya ID tiap account FB yang terdaftar di database pasti nggak ada yang sama. Yang ditampilin di monitor kita pas kita ngetag orang di FB mungkin emang cuma namanya aja, tapi yang dikirim ke servernya buat diproses itu nomor IDnya.

Ya, jadi kalo ditanya kenapa bisa begitu sih karena emang FB pake cara itu biar kita bisa ngetag orang lain di status atau komen yang kita bikin.

7 thoughts on “Kenapa di Facebook Bisa Begitu

  1. ueh… iya gan sorry saya lupa pasang link punya agan… soalnya saya waktu bikin postingan tersebut saya udah ngantuk berat…. oh iya sih maksud saya kesana tapi dikarenakan berimprofisasi adalah bukan bakat saya jadi deh gini
    maaf sebelumnya ya gan…….😀

  2. gan saya bingung , postingan say musti di gimanain? di renovasi lagi atw di hapu atw di COPAS semua artikel agan…????
    tolong lah beri saya solusi… soalnya sekarang saya sedang uas.. ini juga maksain buka internet…..

    • Kelangsungan postingan itu di blog mas sih gw serahin ke mas aja, tujuan gw cuma nyampein isi hati (halah) & koreksi aja. Yang penting sih gw udah ngomong sama mas & mas juga bisa gw bilang cukup baik ngeresponnya.

      Yang penting jangan diulangin mas, kalo copas lain kali ijin dulu ke penulis aslinya. Repot soalnya kalo ternyata penulis aslinya masang iklan di blog & dapet penghasilan dari traffic, kan pendapatannya otomatis ngurang kalo ada yang copas & hasil copasannya juga nongol di halaman pertama search engine. Maap ya mas kalo ada bagian dari kata-kata gw yang nyinggung (sengaja atau nggak).😀

      Ah, mengenai orang yang copas dari mas itu. Cukup tiga kata lah kalo dari gw buat orang itu (& yang seterusnya): mati aja luh.
      *ababil mode: ON*

Leave a Reply

