Kenapa Jaringan Wireless Kurang Aman

Beberapa hari yang lalu ada junior gw yang minta diajarin caranya pake Firesheep. Yang jadi masalah, waktu itu kita ada di lab komputer yang semua komputernya terhubung ke jaringan pake kabel, sementara untuk bisa pake Firesheep kita perlu konek ke hotspot dulu. Lalu ada pertanyaan, “Kok Firesheep nggak bisa dipake kalo jaringannya pake kabel?”

Kayaknya pertanyaan itu jawabannya mirip banget dengan jawaban buat pertanyaan orang yang nanya, “Kenapa jaringan wireless kurang aman kalo dibandingin dengan jaringan yang pake kabel?” Jadi sekarang mungkin gw ngejawab yang kedua aja, berhubung jawaban dari pertanyaan pertama bisa ditemuin di jawaban dari pertanyaan kedua.

Untuk jaringan wireless, kayak yang pernah gw jelasin di sini waktu gw ngebahas Firesheep, semua data dikirim lewat sinyal yang dibroadcast di area hotspot. Datanya dikirim ke semua arah sejauh sinyal hotspotnya masih bisa nyampe, berarti datanya bisa diterima di mana aja selama masih dalam area hotspot. Berhubung semua datanya dibroadcast, otomatis semua alat-alat yang terhubung ke jaringannya bisa aja nerima data yang nggak seharusnya dia terima selama alatnya masih terhubung ke jaringan.

Kalo di jaringan yang berkabel, semua alat-alat yang ada dalam jaringan itu tersambungnya pake kabel. Kabelnya ini nanti nyambung ke alat yang namanya switch (atau hub, kalo masih pake hub). Kabelnya nyambungin komputer-komputer ke switch, lalu biasanya ada satu kabel yang nyambungin switch dengan router (di jaringan yang bisa konek ke Internet pasti ada). Di jaringan yang modelnya kayak begini, semua data dikirim ngelewatin kabel. Berhubung semua kabelnya nyambung ke switch, otomatis semua datanya bakal sampe ke switch dulu sebelum dikirim ke komputer tujuan. Nah, waktu datanya ada di switch ini nanti switch ngecek datanya mau dikirim ke komputer yang mana. Nanti switch bakal nerusin datanya ke komputer tujuan lewat kabel yang nyambung langsung ke komputer itu, jadi komputer-komputer lain nggak bakalan bisa dapetin data yang diterusin ke komputer itu karena datanya nggak ngelewatin kabel mereka.

Untuk jaringan wireless sekarang sih kebanyakan udah diamankan pake enkripsi. Tapi berhubung datanya masih dibroadcast, ada aja kemungkinan data itu bisa diambil sama orang lain. Jaringan berkabel juga masih bisa disadap sih, jadi nggak bebas resiko juga. Tapi paling nggak kalo diliat dari cara ngalirin datanya, jaringan berkabel masih lebih aman dibanding jaringan wireless.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s