Cutter: Aplikasinya Tukang Copas Source Code

Pernah kebingungan gimana cara ngelarin program & mutusin buat copas source code dari Internet? Terus lu search di Google & setelah keliling ke banyak website ternyata semua source code yang dikasih di websitenya pas dicopas ada line numbernya ikutan kena copas? Gw juga pernah, tepatnya hari ini & beberapa hari yang lalu. Jadi ceritanya gw dapet tugas buat bikin client Twitter pake IDE Nokia Qt Creator pake bahasa pemrograman C++, lalu gw pake library QTwitLib untuk konek ke Twitter. Masalahnya, library yang dikasih sama temen sekelompok gw itu filenya nggak lengkap, jadi gw harus ngelengkapin source code yang nggak didownload sama temen gw. Jadilah gw googling & nemu banyak website yang majang source code yang gw butuhin, tapi pas mau gw copas ternyata line numbernya ikutan dicopas.

Line number yang ikut dicopas tadi mungkin nggak masalah kalo source codenya panjangnya cuma beberapa baris. Tapi kalo sampe ribuan baris per file & filenya ada banyak, apa gak pegel? Karena itu gw bikin program ini khusus buat gw pake buat ngapusin line number dari source code hasil copasan gw itu, program ini gw kasih nama Cutter. Mau link downloadnya? Tunggu bentar, gw mau ngoceh dikit dulu soal ini program.

Sedikit filosofi soal namanya, itu gw kasih nama Cutter gara-gara fungsinya udah kayak cutter yang dipake buat motong kertas. Jadi dia bakal ngapus kata pertama dari tiap baris program, jadi programnya dari awal sampe akhir ilang kata pertamanya dari tiap barisnya aja, berhubung line number posisinya selalu di situ. Jadi kayak kalo kita punya kertas yang ada ditulisin source code & line numbernya, kita motong bagian line numbernya & yang tersisa tinggal source codenya aja. Contohnya begini nih. Ini potongan source code yang line numbernya harus gw ilangin tadi.

00017 void QTwitLib::GetSingleStatus(unsigned int id)
00018 {
00019 Core::GetSingleStatus(QString::number(id));
00020 }

Source code tadi gw copas ke Cutter, lalu gw klik tombol cut yang ada di sana (itu satu-satunya tombol yang ada di situ). Ini hasilnya.

void QTwitLib::GetSingleStatus(unsigned int id)
{
Core::GetSingleStatus(QString::number(id));
}

Bersih! Source code tanpa line number, pas kayak yang gw butuhin!

Ngomong-ngomong kalo source code yang mau dihapus line numbernya agak panjang sabar aja ya nungguinnya. Sekilas emang keliatannya ngehang, tapi programnya jalan kok. Tadi gw pake buat source code yang sekitar 700 baris ada sekitar 20-30 detik baru kelar prosesnya. Ini program gw bikin pake bahasa pemrograman C# di Visual Studio 2010. Programnya bisa didownload di sini.

10 thoughts on “Cutter: Aplikasinya Tukang Copas Source Code

    • Setau gw IDE macem Notepad++ dkk itu semuanya ngasih line number cuma buat tampilan doang dah, kalo ntar filenya lu copas semuanya nggak kebawa line numbernya. Ini masalahnya kalo di website ada yang nyediain source code sekalian line number, jadinya kalo dicopas nggak bisa langsung jalan tanpa ngapus line number yang ikut dicopas dulu.

    • Kode yang ditulis buat bikin program Mas. Ini penjelasan dari Wikipedia Indonesia:

      Dalam ilmu komputer, kode sumber (Inggris: source code) atau kode program adalah suatu rangkaian pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer yang terbaca manusia. Kode sumber yang menyusun suatu program biasanya disimpan dalam satu atau lebih berkas teks, dan dapat pula ditampilkan dalam bentuk cuplikan kode (code snippet) yang dicetak pada buku atau media lainnya.
      Kode sumber sebelum dikonversikan menjadi bentuk berkas yang dapat dieksekusi komputer harus melalui proses kompilasi terlebih dahulu. Konversi ini bisa dilakukan oleh suatu kompilator, atau langsung dari bentuk terbaca manusia dengan bantuan interpreter.

  1. kk boleh liat source code nya?
    soalnya saya juga lagi bikin sejenis kayak gitu juga tapi datanya kyk gini singkatnya
    00 00 00 4E FF 53 4D 42 25 00 00 00 00 18 01 28 …N.SMB%……(
    00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 08 12 8B …………….
    01 08 7E 31 11 00 00 05 00 00 00 00 00 00 00 02 ..~1…………

    jadi ntar hasil akhir
    …N.SMB%……(
    …………….
    ..~1…………

    minta tolong arahan nya donk, bingung bener udah nyoba semua tuts di internet sama http://stackoverflow.com/ belum ada nemu fungsi nya

    • Ini dibikin pake bahasa pemrograman apa yak? Kalo pake Java ada method untuk string yang namanya separate(), kalo C# ada Trim(). Jadi ini nanti dipisah2 berdasarkan spasinya, kalau string pecahan itu isinya bilangan heksadesimal nggak dimasukin ke output.

      • ohh maaf lupa nyebutin bahasa nya, pake bahasa C# kk
        sudah nyoba fungsi Trim() tapi cuman kebaca yang baris pertama saja
        sedangkan baris kedua dan selanjut nya tidak kebaca
        gimana itu ya kk biar fungsi trim dapat mengenali baris per baris biar bisa di hilangkan bagian depan nya itu

      • Harus ditrim dua kali, pertama ditrim per baris dulu. Masing-masing barisnya ntar ditampung dalam array of string, lalu looping pake foreach & trim lagi buat ngilangin bilangan heksadesimal yang ada di bagian awal masing-masing baris.

Leave a Reply

