HTML Meta Tag: Search Engine Optimization

Jadi ceritanya kemarin ini gw iseng-iseng nawarin ke Yoanes Leonardi, temen SMA gw dulu, buat ngerjain website baru buat blog pribadinya. Terus gw ditanya, apa kerjaan gw termasuk nambahin SEO (Search Engine Optimization) di website itu. Gw sendiri sih nggak pernah terlalu merhatiin optimisasi search engine kalo bikin web, berhubung gw orang teknik & emang orang teknik itu tugasnya lebih ke arah gimana caranya website yang dibuat bisa jalan lancar, agak kurang ke bagian gimana caranya website itu bisa nongol di paling atas daftar search results Google.

Gw sendiri sebenernya agak ngerasa aneh dengan istilah “software SEO”, berhubung urutan search results di Google itu udah mutlak ditentuin dari algoritma searching Google. Jadi karena penasaran gw minta contoh script SEO punya Leo, ternyata yang dipake buat SEOnya itu tag <meta> di HTML. Gw sih udah cukup familiar dengan tag <meta> ini, tapi gw sendiri baru tau kalo orang-orang yang serius buat ngedapetin traffic bener-bener ngemanfaatin ini, soalnya tag <meta> ini bisa dibilang sebagai tag HTML yang hampir nggak pernah gw pake di website-website yang gw buat. Lalu gw googling buat nyari tau lagi tentang SEO, & dari hasilnya sih gw bisa ngambil kesimpulan kalo SEO itu sebenernya cuma mainin tag <meta> & gimana caranya kita masukin keyword yang bener di tag <meta> kita nanti biar lebih gampang ditemuin sama search engine buat dimasukin ke daftar search results.

Nah, di sini sih gw nggak bakalan terlalu ngebahas gimana caranya milih keyword yang tepat buat dipajang di tag <meta> di website kita biar trafficnya gede dari hasil searching orang lain ntar. Di sini sih gw lebih fokus ke cara make tag <meta>. Yang gw utamain di sini sih atribut name & content aja, berhubung kayaknya dua atribut ini yang paling penting buat SEO.

Name Keterangan
author Nama penulis artikel.
description Deskripsi dari artikel yang ditulis, nggak usah terlalu panjang diisinya nanti.
keywords Keyword yang berkaitan dengan artikel yang ditulis di halaman itu.

Jadi cara makenya bisa begini. Misalnya gw bikin tag <meta> buat deskripsi postingan ini.

<meta name="author" content="Edwin" />
<meta name="description" content="HTML Meta Tag" />
<meta name="keywords" content="HTML, meta, SEO, search engine optimization" />

Postingan ini nantinya jadi punya tag <meta> yang nandain kalo nama penulisnya Edwin, artikelnya tentang tag <meta> di HTML, & bisa dicari di search engine dari keyword ‘HTML’, ‘meta’, ‘SEO’, & ‘search engine optimization’.

Ini mungkin cuma berguna buat ngedapetin traffic sih, tapi buat orang yang penghasilannya tergantung dari traffic website pasti berguna banget lah. Tapi tag ini doang nggak menjamin artikel kita bakal nongol di halaman pertama Google sih, buktinya blog punya Leo yang sekarang cuma nongol di halaman kedua Google kalo kita searching pake keyword ‘solusi hidup sehat’. Kualitas artikel-artikel yang ada dalam websitenya juga pasti diperhitungkan di algoritma searchingnya, jadi sebenernya sih cara yang paling bagus buat dapet traffic gede ya bikin artikel yang berkualitas. Tapi bikin artikel yang berkualitas itu agak susah, jadi banyak yang main curang & pake cara instan: copas artikel orang lain yang bagus & dimasukin di website sendiri. Ini kayaknya lebih ampuh kalo emang niatnya buat ningkatin traffic sih, tapi ya…kalo ntar penulis aslinya ada yang komplen siap-siap lah.

Ngomong-ngomong untuk pemilihan keyword buat dimasukin ke tag <meta> harus bener juga. Menurut postingan Danny Sullivan di sini, Google & Yahoo! nggak bakalan nampilin website yang punya keyword yang sesuai dengan keyword yang dicari user tapi nggak punya kata-kata itu di dalam artikelnya. Jadi percuma punya keyword banyak di tag <meta> kalo nggak sesuai dengan konten artikelnya nanti, ujung-ujungnya nggak bakalan ditampilin juga di search results.

One thought on “HTML Meta Tag: Search Engine Optimization

  1. Pingback: HTML – Pengenalan | Twisted Pair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s