Seven Layers of OSI Model

Oke, berhubung udah cukup lama gw nggak nulis soal networking di sini padahal peminatan gw di kampus itu bagian networking, kali ini gw bahas tujuh layer OSI aja dah. Udah standar kita tau kalo kita mau bikin jaringan komputer itu harus pake peralatan macam kabel jaringan & ethernet. Kalo mau agak ribet dikit jaringannya, kita masih perlu pake switch lagi. Terus kalo mau bisa konek ke jaringan lain kita perlu pake router. Lalu ada yang namanya IP address, subnet mask, MAC address, & yang lain-lain. Nah, itu semua masuk ke kategori layer yang beda-beda di OSI model.

Sebelum dibahas, ini daftar layer di OSI model dimulai dari layer paling atas.

  • Application Layer
  • Presentation Layer
  • Session Layer
  • Transport Layer
  • Network Layer
  • Data Link Layer
  • Physical Layer

Buat pembahasannya kayaknya gw mulai dari layer paling bawah dulu. Ngomong-ngomong buat yang nggak bisa ngapalin nama semua layer ini, gw diajarin sama dosen gw gimana biar ingetnya. Yang ngajarin dosen keamanan komputer sih, bukan dosen jaringan. Itu layer-layer bisa diinget pake jembatan keledai. Kalimatnya kayak begini nih, ini buat ngapalin dari layer paling bawah. Inget aja huruf pertama dari tiap layernya.

Pak Danu Nonton TV Sambil Pegang Anu

Dosen jaringan gw ada ngajarin cara bikin jembatan keledai yang kalimatnya bener sih, tapi gw nggak inget apa kalimatnya. Lagian emang katanya anak cowok itu lebih gampang nginget sesuatu kalo yang perlu diinget itu agak berbau mesum-mesum dikit sih.

Nah, sekarang balik ke layer-layer itu tadi. Kita mulai dari physical layer ke atas aja yak.

Physical layer ini cakupannya ke jenis kabel yang diperluin untuk koneksi. Jenis kabelnya perlu diliat sesuai kebutuhan. Misalnya buat bikin jaringan LAN di satu ruangan yang isinya cuma dua komputer, nggak mungkin kita pake kabel fiber optic. Kemahalan biaya buat bikin LANnya kalo kabelnya fiber optic, karena itu yang dipake biasanya kabel UTP. Cablingnya juga masuk ke bagian ini, apa perlu kabel straight atau crossover, atau mungkin perlu kabel rollover juga kalo mau konfigurasi router sendiri di situ. Atau kalo mau bikin jaringan wireless bisa dicek dulu perlengkapannya kompatibelnya sama gelombang sinyal WiFi protokol mana. Standar protokol yang ditetapin sama IEEE 802.11 sejauh ini bisa diliat di sini.

Data link layer ini fokusnya buat error detection & error correction kalo ada kesalahan di data yang diterima. MAC address juga adanya di data link layer, & switch termasuk peralatan jaringan yang kemampuannya cuma sampe di layer kedua ini. Soalnya switch nggak ngecek IP address, kalo switch sih ngeceknya MAC address alat-alat yang tersambung ke switch itu.

Network layer mulai masuk ke masalah pembagian IP address & subnet. IP address & subnet pembagiannya harus bener biar data yang dikirim bisa sampe ke komputer tujuan dengan selamat, kalo nggak bener ntar datanya nggak sampe-sampe soalnya. Kalo switch tadi mainnya di data link layer, router mainnya di network layer. Soalnya buat routing itu yang dicek pasti IP address & subnet mask. Lagian si router itu sendiri juga punya IP address, jadi udah pasti layernya dia sampe ke network layer.

Transport layer mainnya udah sampe port. Komputer-komputer yang kita pake ini semuanya punya port. Port yang paling umum dipake sih port 80, itu port yang kita pake untuk protokol HTTP. Jadi kalo kita browsing di Internet pake protokol HTTP pasti datanya keluar masuk lewat port 80. Banyak port lain lagi sih, kalo HTTPS pake port 443, SMTP pake port 25, POP3 pake port 110, SSH pake port 22, & Telnet pake port 23. Port mulainya dari angka 0 sampe 65535.

Session layer ngatur masalah establishment & termination koneksi komputer kita ke komputer lain. Pokoknya ngatur session koneksi kita ke komputer lain deh, pas kita mau konek ntar bakal dikirim request untuk establish connection. Kalo komputer yang mau dikonekin udah oke, ntar baru komputernya konek. Ntar pas semua urusan udah beres & koneksinya mau diputus baru request buat terminate connection dikirim.

Presentation layer urusannya di bagian enkripsi, dekripsi, & struktur data yang dikirim lewat jaringan.  Masalah formatting juga diatur di sini. Jujur aja sih, presentation layer ini mungkin yang gw paling dikit ngertinya dari tujuh biji layer yang ada ini.

Application layer ini udah sampe ke bagian pas datanya udah sampe ke aplikasi yang bersangkutan. Contohnya kalo kita pake web browser, data yang udah diterima dari web server nanti bakal sampe ke browser buat diproses. Nah, pas datanya sampe ke browser ini datanya udah sampe ke application layer. Masalah apa datanya bakal keliatan sama user apa nggak sih itu nanti tergantung gimana aplikasinya.

One thought on “Seven Layers of OSI Model

  1. WAKWKAWKAWKWKAWKAKWA… Asli ngakak sama jembatan keledainya.. Gue pernah bikin jembatan keledai, tapi tetep aja lupa mulu T__T. Mungkin kalo jembatan keledainya saru gitu gampang diinget kali ya? Hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s