Kenapa GameShark Bisa Begitu

Gw inget dulu pas gw masih kecil (sekitar kelas 3 atau 4 SD) gw main ke rumah sepupu gw di Makassar & ngeliatin dia main PSX. Terus gw ngeliat dia punya CD GameShark, yang dia pake buat masukin kode-kode yang dia sebut “kode curang” yang bisa bikin gamenya lebih gampang dimainin. Oke, waktu itu sih gw nggak ngerti kode itu sebenernya kode apaan & gimana caranya kode itu jalan. Waktu gw udah punya PSone pas jaman gw udah sekitar kelas 5 SD juga gw punya CD GameShark, tapi gw nggak begitu sering make & gw nggak begitu ngerti juga gimana cara makenya. Gw nggak make sering-sering gara-gara game yang mau gw mainin kadang-kadang jadi aneh habis dimasukin kode cheat GameShark.

Sekarang sih gw udah jarang main game & sejak gw main PS2 gw nggak pernah pake GameShark lagi dengan alasan kayak yang tadi itu. Gw nggak ngerti gimana cara kerjanya & kadang-kadang bikin game jadi aneh. Barusan gw search di Google tentang kelangsungannya GameShark sekarang, & gw baru tau kalo ternyata GameShark nggak cuma ada buat konsol Sony PlayStation. Dulu GameShark udah ada buat konsol Nintendo 64 juga ternyata.

Oke, sekarang kita ke topik utamanya. Gw mau ngejelasin gambaran cara kerja GameShark di sini. Kode GameShark itu isinya angka 0-9 & huruf A-F. Gw nggak inget ada huruf sesudah G, H, I, J, & selanjutnya masuk di kode GameShark, & hasil gw googling kode-kode GameShark barusan juga huruf yang masuk ke kode GameShark mentok sampe F doang. Apa yang gw dapet dari itu semua? Dari karakter-karakter yang dipake dalam kodenya, gw bisa bilang kalo kode GameShark itu pake bilangan heksadesimal. Ini gw kasih tabel buat nunjukin nilai bilangan heksadesimalnya kalo ditulis di bilangan desimal.

Hexadecimal Decimal Hexadecimal Decimal
0 0 8 8
1 1 9 9
2 2 A 10
3 3 B 11
4 4 C 12
5 5 D 13
6 6 E 14
7 7 F 15

Bilangan heksadesimal biasanya dipake sama hacker kalo mereka mau ngeganti isi dari satu alamat memory di RAM di komputer dengan nilai yang mereka mau. Kalo alamat memorynya isinya udah diganti & program yang kita jalanin manggil nilai dari alamat memory itu buat diproses nanti, pasti hasilnya nggak sesuai dengan yang seharusnya. Ini juga yang dilakuin GameShark ke game-game yang mau kita curangin, GameShark bakal ngeganti isi alamat memory di RAM konsol gamenya & nantinya alamat memory itu yang dipanggil waktu kita ngejalanin game yang mau kita curangin tadi.

Kalo masalah gimana cara mereka ngedapetin alamat memory mana aja yang dipake sama game yang bersangkutan & data apa aja yang ada di masing-masing alamat memory itu, gw pikir sih mereka pake disassembler buat ngubah file program game yang udah siap dijalanin ke bahasa assembly. Di sini mereka nyariin alamat memorynya & mereka coba utak-atik satu-satu. Gw nggak tau juga, apa mereka pake cara barbar begini buat dapetin fungsi alamat memory di RAM atau mereka punya cara yang lebih canggih.

8 thoughts on “Kenapa GameShark Bisa Begitu

  1. Pingback: Bilangan Desimal, Biner, Oktal, & Heksadesimal | Twisted Pair

  2. Biasanya alamat & isi memori pake hexadesimal. Kayaknya gameshark mengganti nilai dari parameter/variabel sehingga permainan bisa sesuai keinginan, misalnya life atau kekuatan jadi besar nilainya. Atau malah tidak bisa mati? Hehehe…

    • Sebenernya sih disimpannya dalam bentuk binary. Biasanya di programnya baru diproses dalam bentuk heksadesimal, & biasanya kalo kita mau ngehack program yang nggak bisa diutak atik inputan yang berupa teks atau angka yang udah ditetapkan, kita bisa coba nginput teks atau angka tadi dalam bentuk bilangan heksadesimal.

      CMIIW ya Pak, saya sendiri masih kurang nguasain teknik pemrograman yang low level & bahasa mesin soalnya😀

  3. Wahhh… saya ga ngerti klo udah teknis banget gitu… wkwkwk…
    Tapi klo menurut saya pribadi, main pake GS jadi kurang seru…
    Seperti main Harvest Moon, uangnya langsung banyak, heart cewe2nya langsung merah semua…😀😀😀
    Jadi ga ada usahanya…

    • GS ngurangin greget waktu main sih. Tapi untuk beberapa game yang kayak Team Buddies sih gw biasa pake GS buat unlock level sama senjatanya aja, soalnya Team Buddies lebih seru dimainin multiplayer daripada single player.:mrgreen:

Leave a Reply

