Integrasi Jaringan Internet dengan Instalasi Listrik, Apa Bisa?

Sekitar seminggu yang lalu gw ada baca postingan di blog Serba Tiga yang ngebahas tentang kekurangan dari e-KTP. Habis gw baca-baca lagi postingan itu tadi pagi, gw ngerasa poin pertama di postingan itu cukup menarik. Bagian ini lumayan menarik buat gw.

Atau juga dengan mengintegrasikan antara jalur Internet dengan instalasi listrik sehingga hanya dengan mencolokan cocolok (aduh, bahasa Indonesianya apa ya) ke stopkontak, kita langsung dapat terhubung ke Internet.

Kayaknya keren gitu kalo infrastruktur listrik bisa disatuin dengan infrastruktur Internet. Semua peralatan komputer tinggal dicolokin stekernya ke stop kontak terus bisa langsung konek ke Internet.

Gw jadi inget, beberapa tahun yang lalu juga gw pernah ngobrol sama satu orang bapak-bapak tentang infrastruktur Internet. Gw lupa sih si Bapak yang ngobrol sama ini siapa atau bentuknya gimana, tapi kalo nggak salah sih Bapak yang ngobrol sama gw itu guru gw waktu gw masih SMP atau SMA. Oke lah, urusan siapa Bapak itu nggak penting. Tapi gw inget Bapak itu juga punya pikiran yang sama dengan penulis blog Serba Tiga itu tadi: integrasi instalasi listrik dengan jaringan Internet.

Oke, waktu gw diceritain sama Bapak itu tentang seberapa kerennya negara kita nanti kalo instalasi listrik & jaringan Internet bisa diintegrasiin dulu gw ngerasa ide itu bener-bener ‘wah’. Ya, sampe sekarang juga gw masih ngerasa ide itu keren sih. Tapi kalo diliat dari pengalaman gw selama belajar tentang jaringan komputer & elektronika, keliatannya sih itu belum bisa dilakuin dalam waktu dekat ini.

Diliat dari sudut pandang orang jaringan, rasanya integrasi instalasi listrik & jaringan Internet itu agak-agak mustahil buat dilakuin sekarang ini. Alasannya? Mari kita lihat contoh peralatan jaringan yang ada di rumah gw: wireless router.

Kabel hitam di sebelah kiri itu berfungsi untuk supply energi listrik dari sumber listrik (stop kontak), sementara kabel biru di sebelah kanan berfungsi untuk komunikasi data antara modem & router. Kalo nanti instalasi listrik bener-bener bisa diintegrasiin dengan jaringan Internet, masalahnya ada di desain peralatan jaringan yang ada sekarang: kabel untuk supply energi listrik & kabel untuk komunikasi data nggak tersambung ke komponen yang sama. Ini pasti jadi masalah, berhubung datanya nggak bisa diproses di power supply & kalo listrik untuk power supply langsung masuk ke ethernet begitu aja ntar wireless routernya bisa jebol. Jadilah dilema pertama kita: ke mana kabelnya nanti dicolokin kalo satu kabel difungsikan untuk aliran energi listrik sekalian untuk komunikasi data? Ah ya, di wireless router gw ini cuma ada interface ethernet untuk kabel UTP/STP. Kalo di router yang di ISP pasti lebih ribet lagi, soalnya router di ISP punya interface untuk kabel-kabel jenis lain.

Model yang sama dengan wireless router di atas juga dipake di komputer desktop & laptop kita sih. Kabel untuk jaringan pasti punya colokan yang beda dengan kabel untuk power. Karena emang energi listrik & data diproses di tempat yang beda, jadi agak susah kalo infrastruktur instalasi listrik diintegrasiin dengan jaringan Internet kayak yang disebutin di awal post tadi.

Sekarang kalo diliat dari sudut pandang orang listrik, apa kira-kira mungkin yang kayak begitu dibuat? Berhubung gw bukan orang electrical engineering atau electronic engineering, jadi gw sih kagak begitu ngerti gimana caranya listrik dari perusahaan listrik (PLN) dialirin sampe ke rumah kita masing-masing. Tapi kalo gimana caranya kabel jaringan ngebawa data, gw bisa jelasin sedikit.

Kabel jaringan bawa data dalam bentuk muatan listrik & bisa bolak-balik. Kecuali di kabel fiber optic, kalo di sini datanya dibawa alam bentuk gelombang cahaya & kabel fiber optic itu satu arah. Gw sih belum pernah bongkar kabel serial, koaksial, & kawan-kawan, tapi kalo kabel twisted pair (UTP & STP) di dalamnya ada 8 kabel lain yang berfungsi buat bawa data yang dikirim. Karena satu kabel itu isinya ada 8 kabel, jadi kabel itu bisa dipake untuk transfer data bolak-balik.

Masalahnya, gw nggak tau apa kabel listrik PLN juga strukturnya kayak begitu. Soalnya gw agak ragu PLN punya kabel buat ngebalikin aliran listrik yang udah sampe ke rumah kita kembali ke PLN, sementara di jaringan Internet datanya harus bisa balik lagi ke ISP. Selain itu, kalo data yang bentuknya muatan listrik kecil-kecil tadi dibawa pake kabel listrik PLN sih kayaknya udah nggak bisa dikenali lagi, soalnya listrik di kabel PLN cukup kuat buat ngidupin peralatan elektronik untuk rumah-rumah. Kalo mau data itu tadi bisa dikenali di kabel PLN, mungkin tegangannya harus dibuat naik turun dengan selisih lumayan gede untuk representasi angka 1 & 0 di bilangan biner. Tapi kalo tegangannya naik turun kayak begitu sih gw nggak yakin peralatan elektronik di rumah kita jalannya bakal bener.

Oke, gw agak sotoy untuk bagian aliran listrik dari PLN ke rumah barusan. Gw nggak pernah liat gimana cara PLN ngalirin listrik & peralatan apa aja yang mereka punya, jadi gw pake asumsi aja buat bagian itu. Overall sih gw ngerasa ini ide yang bagus, tapi keliatannya nggak bakal bisa diimplementasiin dalam waktu deket dah.

5 thoughts on “Integrasi Jaringan Internet dengan Instalasi Listrik, Apa Bisa?

  1. Pingback: JavaScript untuk Pencegahan Copy-Paste Artikel, Masih Kurang Ampuh | Twisted Pair

  2. wih, postingannya bagus nih .. apalagi kutipannya itu . hehe

    yang saya tahu, instalasi listrik ke rumah2 itu kan pake 3 fasa plus netral dan ground . bagian apanya gitu lupa yang bisa sekalian transmisi data ..

    • Gw sendiri sih kurang tau sih Mas kalo aslinya instalasinya gimana teknik pemasangannya & apa aja kabel yang dipake di situ. Tapi kalo dari logikanya sih agak susah untuk transmisi data pake jaringan instalasi listrik karena masalah jalurnya, & kalo sekarang bisa dibuat juga pasti masih ketemu kesulitan peralatan jaringan yang masih misahin kabel power & kabel jaringan.

      Ya, tapi siapa yang tau kalo ntar 10-20 tahun dari sekarang ada yang bisa bikin begitu. Di luar negri juga masih belum ada sih kayaknya.đŸ˜€

  3. Pingback: Kabel Jaringan untuk Supply Listrik, Bisa Sih | Twisted Pair

  4. Pingback: Kabel Jaringan untuk Supply Listrik, Bisa Sih | Electrician Dallas

Leave a Reply

