JavaScript untuk Pencegahan Copy-Paste Artikel, Masih Kurang Ampuh

Habis gw liat-liat belakangan ini, kayaknya banyak orang yang ngeproteksi blog atau website pribadinya pake kode JavaScript untuk disable right-click & text selection di blog atau website mereka. Alasannya sih simpel, gara-gara nggak mau artikel-artikel yang mereka buat dicopas begitu aja sama orang buat diposting ulang di blog si pelaku. Oke, masalah kasus tukang copas artikel orang terus diposting ulang seolah-olah itu tulisan mereka yang punya ini emang agak…hina?  Gw juga pernah jadi korban beberapa kali, jadi ya…tau rasanya lah. I know that feel, Bro.

Temen SMA gw ini juga sempet ngasih saran ke gw buat pake JavaScript buat disable right-click & text selection aja biar nggak bisa dicopas. Tapi blog yang dibuat di WordPress rasanya nggak bisa dipasangin JavaScript. Mungkin bisa sih kalo gw pake servis yang berbayar atau gw akalin sendiri gimana caranya gw nyisipin script itu ke sini pake teknik XSS. Gw nggak nyobain sih tapi, selain gara-gara gw ada postingan yang isinya potongan source code yang kayaknya perlu bisa dicopas dengan mudah, gw sih sama sekali nggak ngerasa ada kesulitan apa-apa buat copas sesuatu dari blog yang udah dilindungin script buat disable right-click & text selection itu.

Gw nggak tau apa orang-orang yang doyan copy-paste artikel orang lain itu bakal ngelepasin blog-blog yang dilindungin pake JavaScript itu tadi dari daftar blog yang bakalan mereka copas. Tapi kalo gw sih pasti nggak bakalan nyerah kalo gw emang butuh copas. Misalnya kemarin waktu gw nulis postingan ini, gw ada ngutip satu kalimat dari blog Serba Tiga. Blog Serba Tiga ini dilindungin pake JavaScript buat disable text selection. Kita bisa klik kanan, tapi kita nggak bisa ngeblok teks. Contoh lainnya bisa diliat di blog Compatoz, di sini kita nggak bisa klik kanan & ngeblok teks. Karena kita nggak bisa ngeblok teksnya, otomatis kita nggak bisa copas artikelnya. Lalu gimana caranya gw bisa copas kalimat itu kemarin?

JavaScript yang dipasang emang bikin gw nggak bisa copas apa-apa dari halaman web yang bersangkutan, tapi itu cuma berlaku kalo JavaScript itu bisa jalan. Jadi gimana caranya kalo gw mau copas artikel dari situ? Kalo mau repot sedikit ngatur settingan browser, disable aja JavaScript di browser. Kalo JavaScript udah dimatiin, nggak ada blog atau website yang diproteksi JavaScript yang aman dari copy-paste.

Males ngutak atik settingan browser? Tinggal view page source halaman web yang bersangkutan (Ctrl+U kalo di Firefox & Chrome). Artikelnya bisa didapetin sekalian dengan kode HTML, CSS, & JavaScript yang ada di situ. Copasnya mungkin nggak terlalu enak sih buat orang yang nggak kebiasa ngeliatin source code website, tapi gw lebih demen pake cara ini daripada disable JavaScript di browser. Cara ini yang kemarin gw pake waktu ngutip kalimat dari Serba Tiga.

Btw, ini gw nggak ngajarin buat copas artikel orang mentah-mentah terus ngaku-ngaku itu tulisan kita loh ya. Ini buat pengetahuan aja lah, sekalian buat memudahkan kalo mau ngutip sesuatu dari blog orang yang diproteksi pake JavaScript. Ngomong-ngomong gw jadi keinget, dulu gw pernah liat ada orang di Internet yang bilang begini.

Kalo nggak mau dicopas ya jangan ngeblog.

Tapi gw sendiri lebih suka begini sih.

Kalo nggak punya sesuatu buat ditulis, jangan langsung main copas punya orang. Tunggu aja dulu sampe punya sesuatu yang bisa ditulis, baru nulis.

Leave a Reply

