Proxy Server: Nembus Blokiran

Proxy server ini pernah gw jelasin sedikit sebelum ini waktu gw ngebahas masalah IP tracker & cara ngakalinnya. Proxy server ini bertindak sebagai perantara, misalnya kalo kita mau ngakses server X kita harus ngelewatin proxy server dulu buat requestnya. Nanti proxy server yang bakal ngerequest koneksi ke server X, lalu data dari server X tadi dikirim ke kita lagi. Karena data yang kita kirim & terima harus lewat proxy server dulu, pastinya koneksi jadi berasa lebih lambat daripada akses langsung. Kenapa kita harus pake proxy server, nggak langsung aja ke server X? Ya, ada beberapa kondisi yang bikin kita nggak bisa ngakses langsung server yang mau kita akses. Di kondisi begini kita butuh proxy server yang bisa kita akses & bisa ngakses server yang mau kita akses buat jadi perantara kita.

Contoh kasus di mana kita butuh proxy server buat ngakses server-server lain ada di kampus gw. Komputer-komputer kampus yang ada di perpus, lab, & ruang komputer udah diset buat ngelewatin proxy server di kampus kalo mau konek ke Internet lewat LAN. Ada beberapa proxy server di kampus gw yang masing-masing punya batasan sendiri-sendiri soal website mana aja yang bisa dibuka lewat proxy server itu & kita nggak bisa browsing kalo nggak lewat proxy server kampus. Proxy server kampus ini juga berfungsi buat ngeblok akses ke website-website yang dilarang buat diakses. Misalnya komputer lab dilarang ngakses Facebook & Twitter, jadi komputer-komputer yang ada di situ disambungin ke proxy server yang nggak ngebolehin akses ke Facebook & Twitter. Tapi bisa diakalin juga sih asal ada proxy server lain yang bisa ngebuka website-website tadi yang bisa dipakai.

Berhubung gw belum pernah pake proxy server buat ngeblokir, kayaknya sih yang di atas itu udah semua yang gw tau soal blokiran pake proxy server. Tapi kalo cara buat ngelewatin blokiran pake proxy server sih gw udah lumayan sering ngelakuin. Normalnya sih gw nggak ngelakuin ini buat nembus blokiran sih, biasanya cuma buat ngibulin IP tracker yang dipasang di website yang mau gw masukin aja.

Kita sih bisa pake website kayak Ninja Cloak atau Reldy SSL Proxy buat ngebuka website yang diblokir, tapi ada beberapa kekurangan kalo kita ngandelin website-website semacam ini buat ngebuka website yang diblokir itu.

  • Biasanya script-script dari website yang mau kita buka itu nggak bener jalannya kalo dibuka lewat website-website begitu.
  • Kadang-kadang website-website itu nggak bisa ngebuka website yang mau kita buka, kalo bener-bener perlu harus cari website proxy lain lagi & belum tentu ngebukanya bener.
  • Jadi masalah kalo website proxy yang udah enak kita pakenya & terbukti bagus ikut diblokir. Bisa aja pake website proxy lain, tapi kayaknya kurang nyaman gitu. Apalagi kalo kena dua masalah yang udah disebutin sebelumnya juga.
  • Beberapa website proxy nampilin iklan yang lumayan ngeganggu pas kita mau browsing.

Jadi gw saranin sih setting proxy di browser aja. Cara settingnya tergantung dari browsernya sih, buat yang nggak tau caranya bisa coba cari di Google yang sesuai dengan browser masing-masing. Tapi kalo untuk Chrome & Firefox sih gw kasih tau di sini ajalah, berhubung gw pake dua-duanya.

Untuk ngubah proxy Chrome, tekan Ctrl+Shift+Del (nggak usah clear history & yang lainnya kalo nggak mau). Habis itu klik tombol “Change proxy settings…”, lalu klik “LAN settings”. Masukin IP proxy server + port yang mau kita pake.

Untuk Firefox, buka menu “Options”. Habis itu klik “Advanced”, lalu ke tab “Network”. Klik tombol “Settings…”, di dialog window yang keluar pilih “Manual proxy configuration” lalu masukin IP proxy server + port yang mau dipake.

Dari mana kita tau IP address & port yang harus kita masukin buat proxy servernya? Website ini udah nyediain daftar IP address & port proxy server yang bisa kita pake, atau bisa pake yang di website ini juga. Kalo nggak puas dengan yang ada di situ sih bisa googling lagi buat nyari proxy server lain. Tapi pas milih proxy servernya perlu diperhatiin juga jarak servernya dengan kita sih. Soalnya data yang kita kirim & terima harus ngambil jalan muter ngelewatin proxy server dulu, jadi pastiin aja muternya nggak terlalu jauh & bikin lemot. Iya, data juga kalo muternya jauh bakal makan waktu lagi. Sama kayak kita misalnya kalo mau pergi makan ayam KFC tapi harus mampir di SPBU dulu buat ngisi bensin, pasti nyampe ke KFCnya agak telat jadinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s