Windows 7 Japanese IME Keyboard

Jadi ceritanya ada kenalan gw yang belajar bahasa Jepang langsung ke orang Jepang lewat Internet & sempet ngupdate status account microbloggingnya kalo dia salah ngetik karakter untuk partikel ‘wa’ yang seharusnya ditulis ‘は’ tapi malah dia ketik ‘わ’. Berhubung gw selama selalu copas satu-satu karakter yang gw butuhin kalo gw lagi butuh ngetik pake bahasa Jepang, jadinya gw tanya ke dia gimana caranya dia bisa ngetik itu. Dia bilang sih di Mac udah ada fitur itu by default, & katanya sih harusnya di Windows juga ada karena dia pernah pake komputer sodaranya yang pake Windows buat ngetik bahasa Jepang. Jadi sekitar dua hari yang lalu gw ngutak atik Control Panel buat ngecek fitur bahasanya.

Sekarang sih udah ketemu. Dua karakter hiragana yang gw tulis di paragraf sebelumnya itu ketikan dari keyboard gw, bukan hasil dari cara barbar lagi: googling karakter yang diperluin lalu dicopas ke teks tulisan gw.

Untuk ngaktifinnya, buka Control Panel dulu. Dari situ masuk ke bagian Clock, Language, and Region, lalu masuk ke Region and Language. Biar gampang gw kasih screenshot deh.

Klik settingan Clock, Language, and Region

Pilih Region and Language

Pilih tab Keyboards and Languages

Klik tombol yang ada di situ

Ke tab Language Bar

Pilih docked in taskbar

Kalo dipilih floating on desktop di step terakhir ini juga bisa sih, tapi gw rasa lebih nyaman yang docked on taskbar. Kalo dipilih docked on taskbar nanti di taskbar ada tampilan kayak begini.

Di situ ntar bisa diatur mau pake keyboard bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Untuk bahasa Jepang nanti ada pilihan mau pake hiragana, full-width katakana, full-width aplhanumeric, half-width katakana, & half-width alphanumeric. Untuk yang hiragana sih kalo kita ngetik satu kata ntar bisa diubah ke bentuk tulisan katakananya atau kanji yang sesuai dengan bunyi yang kita tulis.

Hiragana あ、い、う、え、お
Full-width katakana ア、イ、ウ、エ、オ
Full-width alphanumeric a,i,u,e,o
Half-width katakana ア、イ、ウ、エ、オ
Half-width alphanumeric a,i,u,e,o

Leave a Reply

