Nulis Source Code di Postingan WordPress

Gw baru tau kalo WordPress nyediain fitur buat nulis source code di postingan blog pake tag [sourcecode].

[sourcecode]kode program[/sourcecode]

Ya, selama ini sih gw kalo nulis source code pake tag <blockquote> buat nandain tempat gw nulis source codenya & tag <code> buat ngeset biar font dari kodenya beda dengan bagian yang lain waktu ditampilin di browser. Hasil cara barbar yang biasa itu kayak begini, & nggak begitu enak buat dibaca kalo programnya agak panjang.

void GLWidget::initializeGL() {

glEnable(GL_TEXTURE_2D);
glEnable(GL_DEPTH_TEST);

}

Sekarang bisa gw tulis dengan tampilan yang lebih keren & rapi kayak begini.

void GLWidget::initializeGL() {
     glEnable(GL_TEXTURE_2D);
     glEnable(GL_DEPTH_TEST);
}

Tag [sourcecode] ini juga bisa diset buat otomatis nge-highlight keyword-keyword tertentu sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipakem di tag pembukanya nanti ditulis [sourcecode language=”bahasa yang dipake”]. Daftar bahasa yang bisa dipake di tag [sourcecode] bisa diliat di sini. Itu tadi gw pake bahasa C++, coba kalo sekarang gw pake bahasa-bahasa yang lain.

//Java
import java.util.*;
public class HelloWorld {
     public static void main (String[] args) {
          System.out.println("Hello World!");
     }
}

 

<?php
//PHP
echo "Hello, World!";
?>

 

<!---ColdFusion-->
<cfset HelloWorld = "Hello, World!">
<cfoutput>
     #HelloWorld#
</cfoutput>

 

#Python
print "Hello, World!"

Bahasa yang disediain terlalu banyak buat gw cobain semua, jadi gw cobain beberapa bahasa pemrograman yang pernah gw pake sebelum ini. Bisa diliat, pake kita ngeset language=”python”, karakter # ditampilin sebagai single line comment, sementara di ColdFusion karakter # nggak dianggep single line comment karena emang di ColdFusion karakter itu fungsinya sebagai penanda waktu isi variabel mau dikeluarin di dalam tag <cfoutput>.

Ini fitur keren juga, & kenapa gw baru tau sekarang kalo bisa begini yak? Udah males gw ngeganti cara penulisan source code di postingan-postingan sebelumnya sih, jadi itu dibiarin ajalah. Mulai postingan soal ngoding yang berikutnya aja gw tulis pake tag [sourcecode].

Leave a Reply

