Kabel Jaringan untuk Supply Listrik, Bisa Sih

Kemarin ini gw sempet baca artikel tentang komputer tanpa kabel listrik buatan Hewlett Packard (HP). Komputer ini dapet supply energi listrik dari kabel jaringan yang dicolokin ke Ethernet, yang berarti ini komputer harus dicolokin kabel UTP atau STP buat bisa nyala sebagai pengganti colokan kabel listrik ke stop kontak. Apa integrasi instalasi listrik dengan jaringan Internet jadi mungkin? JENG JENG JENG!

Gw sih masih nggak ngerasa itu mungkin buat dilakuin sekarang sih. Lagian ada sedikit perbedaan buat kasus ngedapetin supply energi listrik dari kabel jaringan dengan make kabel listrik PLN buat transfer data. Kabel UTP & STP bisa nyediain supply energi listrik karena data yang dikirim lewat kabel UTP & STP itu bentuknya muatan listrik, sementara kabel listrik PLN (yang juga ngalirin listrik, tapi jauh lebih gede skalanya) nggak dirancang buat komunikasi data.

Komputer HP itu tadi mungkin komputer pertama yang bisa dapet supply energi cukup dari kabel jaringan doang, tapi sebelum ini udah ada alat elektronik yang bisa begitu: pesawat telepon rumah. Telepon rumahan yang nggak wireless biasanya nggak punya colokan listrik. Cuma ada port untuk kabel telepon di situ, & begitu dicolokin kabel teleponnya bisa langsung dipake.

Ya, logikanya emang peralatan yang pake rangkaian elektronika perlu listrik buat bisa jalan. Biasanya kalo nggak pake colokan ke stop kontak sih pake batere atau aki buat dapet supply listriknya. Telepon rumah biasanya nggak perlu dicolok ke stop kontak & nggak pake batere, kecuali teleponnya wireless & emang butuh sumber listrik lain (batere) selama teleponnya dibawa-bawa & listrik yang didapet dari kabel telepon nggak cukup buat ngejalanin semua fungsi yang ada di situ.

Nah, gw udah bilang kalo kabel listrik PLN nggak bisa dibikin berfungsi ganda buat koneksi Internet. Tapi gw bilang kalo kabel jaringan bisa ngalirin listrik. Jadi gimana kalo instalasi listriknya yang ditumpangin ke kabel jaringan? Tetep nggak bisa juga sih kayaknya.

Kabel jaringan dibikin buat komunikasi data, & kebetulan datanya bentuknya muatan listrik (kecuali di fiber optic, datanya bentuknya cahaya di situ). Jadi normal lah kalo ada aliran listrik di sana. Tapi aliran listriknya kayaknya nggak cukup gede buat bisa nyalain peralatan elektronik kelas berat kayak kulkas, mesin cuci, & pompa listrik deh. Yah, tapi bisa dipake buat nyalain komputer itu udah lumayan ngagetin buat gw sih. Kali aja ntar kulkas, mesin cuci, pompa listrik, TV, & AC juga bisa nyala pake kabel UTP atau STP doang kalo ntar alat-alat elektronik udah bisa jalan pake daya listrik yang kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s