CPU & GPU

Kayaknya kalo CPU udah banyak yang tau yak? CPU itu singkatan dari central processing unit, fungsinya buat ngerjain proses-proses yang dilakuin di komputer. CPU ini bisa dibilang otaknya komputer lah. CPU ngambil data dari yang ada di alamat memory RAM, diproses, lalu hasilnya ditaruh di RAM lagi. Contoh CPU itu…masih perlu gw sebutin gak sih? Ya, misalnya Intel Core 2 Duo, Intel i3, AMD Athlon, & AMD Phenom.

Kalo GPU itu singkatan dari graphics processing unit. Fungsinya buat perhitungan untuk computer graphics, adanya di VGA card. GPU standarnya sih lebih kuat dari CPU, berhubung perhitungan untuk computer graphics itu lebih banyak & ribet daripada perhitungan biasa.

GPU ini sebenernya bisa dipake buat ngerjain perhitungan-perhitungan yang normalnya dilakuin di CPU sih, tapi perlu sedikit penyesuaian buat bikin datanya bisa diproses di GPU. Soalnya GPU itu fokusnya buat ngerjain operasi matrix & vektor, & program yang nggak banyak main di computer graphics kayaknya nggak banyak pake matrix atau vektor.

Temen kuliah gw kemarin ada yang bikin aplikasi semacam NetCut buat dia pake sendiri pake bahasa pemrograman C++. Prosesnya dikerjain di GPU, & kalo kata dia sih programnya bisa multi-threading sampe 4500 thread & masing-masing thread bisa mutusin koneksi satu komputer di jaringan Wi-Fi ke Internet. Itu artinya program yang dia bikin bisa matiin koneksi semua komputer yang ada di jaringan wireless itu ke Internet & dia bisa dapetin jatah bandwidth satu area hotspot itu buat dia pake sendiri. Ini gw asumsiin jaringan wirelessnya nggak diproteksi pake alat-alat security buat nyegah ARP poisoning, berhubung teknik yang dia pake buat ngehack Wi-Fi itu ARP poisoning (dia dapet idenya habis ngeliat tugas gw tentang itu soalnya).

GPUnya dia cukup bagus kayaknya, 4500 thread itu seharusnya cukup bikin hang laptopnya kalo dijalanin di CPU sih. Gw sendiri belum tau standar GPU itu bisa ngeproses sampe seberapa banyak di waktu yang sama, tapi seharusnya GPU yang lebih bagus bisa ngejalanin lebih dari itu.

Gw kemarin minta source codenya buat dipelajarin sih, tapi nggak dikasih. Katanya rahasia perusahaan, tapi yang gw tau sih dia pake library OpenCL buat mindahin proses-proses yang harusnya dilakuin di CPU ke GPU. Mungkin ntar perlu gw cobain juga pas libur semesteran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s