CapCAI Jaringan: Belajar Cara Kerja Peralatan Jaringan

CapCAI Jaringan ini aplikasi CAI (Computer-Aided Instruction) yang gw bikin bareng sama temen kuliah gw, Richard, buat tugas untuk mata kuliah Sistem Multimedia. Kita kasih nama CapCAI Jaringan itu…sebenernya gara-gara celetukan gw aja sih. Jadi ceritanya kita lagi di lift ngomongin nama yang kira-kira pas buat aplikasi CAI kita ini, lalu Richard kepikiran buat ngasih nama DoCAI. Berhubung gw ngerasa nama DoCAI itu jelek, gw lalu nyeletuk, “Kenapa nggak CapCAI aja sekalian?” Jadilah nama aplikasi kita ini CapCAI Jaringan.

Biar kata asal namanya itu cuma gara-gara begitu doang, kita perlu bacot dikit lah biar kedengeran agak bagus di laporan yang kita bikin tentang aplikasi CAI ini. Jadi kita milih nama CapCAI itu ngambil nama dari sayur capcay, yang di dalamnya ada beberapa jenis sayuran, mirip dengan aplikasi kita yang di dalamnya ada ngebahas beberapa jenis perangkat jaringan. Kebetulan juga nama ini menggambarkan jenis aplikasi kita yang masuk ke kategori CAI.

Yang dicover di dalam CapCAI jaringan ini:

  • Kabel
  • Hub
  • Switch
  • Router
  • Access point

Untuk semua babnya sih kita cuma ngebagi jadi tiga subbab: Intro, Penjelasan, & Simulasi. Khusus untuk kabel, karena agak susah disimulasiin, kita ngeganti menu simulasinya dengan ngejelasin beberapa jenis kabel. Untuk perangkat selain kabel juga kita ngasih animasi yang nunjukin gimana kerja alat itu di jaringan di dalam subbab Penjelasan.

Kita nggak ngebahas tentang IP address & MAC address karena target utama pengguna aplikasi kita itu orang-orang yang masih bener-bener awam mengenai komputer, & kayaknya IP address & MAC address itu perlu penjelasan yang sedikit lebih dalem buat bisa dingertiin.

Screenshotnya bisa diliat di bawah ini.

Kalo tertarik & mau ngedownload aplikasi CAI ini, bisa didownload di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s