Programming, Penting Loh

Sebagai mahasiswa TI, gw banyak ketemu orang-orang yang kuliah di jurusan-jurusan semacem teknik informatika, sistem komputer, sistem informasi, & ilmu komputer. Yang masih semester-semester awal sih biasanya masih semangat belajar, tapi makin ke belakang makin eneg sama programming…oke, gw sendiri pernah ngerasain eneg bikin program sih. Gw nggak terlalu mempersalahkan yang enegnya di belakang, mereka udah merasakan kira-kira neraka itu kayak apa soalnya (gw juga udah). Paling nggak seeneg-enegnya mereka semua dengan programming, gw tau mereka punya skill itu & tau gimana cara makenya.

Yang sedikit bikin gw ngelus dada itu kalo ketemu mahasiswa semester awal (semester 1 atau semester 2) yang kalo ngeluhin tugas programmingnya itu kayak begini misalnya.

“Ini apaan sih kita disuruh bikin program begini?! Dibikinnya udah susah, nilainya pelit lagi! Kita kerja kan nggak bikin program beginian juga!”

Nggak pentingnya itu sih…ya, gw akuin program itu nggak penting sih. Emang nggak bisa dipake buat apa-apa soalnya. Paling habis selesai dikoding cuma dikumpulin, lalu dinilai sama dosen. Terus besok-besoknya juga dihapus kalo udah kelar penilaiannya. Nggak bakalan bikin program begituan pas kerja yak…minimal kalo nggak jadi dosen sih, kalo jadi dosen & ngasih soal itu ke mahasiswa ya pasti ujung-ujungnya dibikin juga.

Continue reading