Cursed, Flash Game 15-Puzzle Horor

Beberapa waktu yang lalu gw dapet tugas dari dosen gw di kampus untuk mata kuliah Manajemen Proyek Peranti Lunak, Pak Ivransa Zuhdi Pane, untuk bikin game. Yang diminta sih simpel, cuma game 15-puzzle doang. Tapi diminta kembangin sendiri-sendiri dengan kreativitas, & jadilah kelompok gw bikin game ini kayak begini.

Sebenernya ide awalnya sih gw mau bikin game yang ceritanya tentang maling, karakternya sejenis phantom thief gitu, yang harus mecahin puzzle untuk bisa buka pintu & nyolong barang incerannya. Tapi berhubung temen sekelompok gw, Stephen, punya ide lain yang kedengerannya lebih menarik, akhirnya kita bikin game ini jadi game horor. Gamenya sendiri bisa didownload di sini.

Sebelumnya, mungkin gw kasih sedikit screenshot & penjelasan tentang gamenya dulu. Di game 15-puzzle, kita harus ngurutin 15 petak yang diacak. Mungkin namanya baru tau sekarang, tapi kayaknya permainan ini udah sering banget kita liat. Penjelasan yang lebih bagus mungkin bisa diliat di sini.

Di game 15-puzzle, biasanya kita disuruh ngurutin angka 1-15 atau nyusun gambar yang diacak. Nah, di game Cursed ini kita harus ngurutin angka 1-15 yang ditulis pakai huruf kanji. Buat yang kurang familiar dengan huruf kanji bisa dicek dulu di tabel di bawah ini.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
十一 11
十二 12
十三 13
十四 14
十五 15

Kalo angkanya berhasil diurutin sebelum waktunya habis, ceritanya bakal berlanjut & kita harus nyelesaiin stage berikutnya. Di game ini totalnya ada 4 stage. Nggak ada perbedaan khusus di antara stage-stagenya, tapi makin tinggi tingkatnya makin pendek batas waktu untuk nyelesaiin puzzlenya.

Di bawah ini ada screenshot gamenya.

Main Menu

Narasi Cerita

Tampilan Awal Level

 

Beresin Puzzlenya!

Di screenshot yang terakhir ini, kita bisa ngeliat ada bar soul gauge di sebelah kiri puzzle. Soul gauge ini berfungsi untuk jadi penunjuk waktu. Kalau soul gaugenya kosong, artinya waktu habis. Makin tinggi levelnya, makin cepet soul gaugenya berkurang.

Game ini sendiri punya bug bawaan dari Flash yang muncul di stage 4. Di stage 4, kalaupun soul gaugenya kosong, gamenya masih bisa terus dilanjutin sampe menang. Selain itu, keliatannya nggak ada masalah lain dengan game ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s