Brython: Browser Python

Kemarin gw nemu link di komunitas Python di Google+ yang isinya ngedemoin penggunaan Python untuk client-side scripting di web. Ini linknya.

Barang baru ini disebutnya Brython (Browser Python). Pas gw ngeliat pertama kali kemarin, gw bilang ini keren parah. Oke, sampe sekarang gw masih bilang ini keren parah. Cuma level kerennya sedikit berkurang karena ternyata script Brython nggak dijalanin langsung sama interpreter yang embedded di browser kita, tapi diproses sama file JavaScript yang berfungsi sebagai interpreter Python sebelum dirun browser.

Kerennya berkurang, karena itu artinya Brython jalannya lebih lambat daripada JavaScript standar. Tapi tetep aja keren, karena bikin interpreternya pake JavaScript untuk dipasang ke halaman web yang pake script Brython itu masih cukup susah buat gw lakuin.

Gw sendiri baru sadar kalo Brython butuh script JavaScript untuk interpreternya sesudah barusan gw nyobain bikin script Python di dalam file HTML untuk gw tes di browser gw. Gw penasaran, apa bener browser gw punya interpreter Python? Kalopun ada, emang buat apa Google masang interpreter Python di Chrome sementara belum ada website yang pake Brython selain website itu tadi? Ya, ternyata habis gw cobain & script Python gw nggak jalan, gw baru nyadar kalo browser gw gak punya interpreter Python.

Lalu gw ngecek manualnya yang ada di website itu tadi, tepatnya di halaman ini (iya, gw praktek dulu baru baca manual). Di situ baru gw nyadar kalo Brython butuh file JavaScript ini untuk ngejalanin script Python untuk client-side scriptingnya.

Ini contoh script yang gw bikin waktu nyobain tadi.

<script src="brython.js"></script>
<body onload="brython()">
<script type="text/python">
doc['navig_zone'].html = "On Internet Explorer 9 or more, use a Standard rendering engine"
</script>
<span id="navig_zone">tes</span>
</body>

doc['navig_zone'].html berfungsi kira-kira mirip dengan document.getElementById('navig_zone').innerHTML di JavaScript. Bedanya, doc['navig_zone'].html bisa diposisiin sebelum tag <span id="navig_zone"></span> di HTMLnya, sementara kalo document.getElementById('navig_zone').innerHTML harus ditaruh setelah tag itu. Seenggaknya sih untuk browser Google Chrome harus begitu, gw belum nyobain di browser lain.

Jadi kira-kira sekian tentang Brython. Untuk lebih lengkapnya bisa dicek manualnya kalo tertarik. Tapi untuk sementara ini kayaknya ini gak bagus buat dipake pengembangan web yang serius sih karena masalah interpreter yang dipake itu tadi. Tapi kalo interpreternya udah embedded di browser, keliatannya ini asik juga. Mungkin bisa jadi sedikit masalah kalo dipake barengan dengan Python untuk server-side scripting karena bikin agak bingung buat misahin server-side scripting dengan client-side scriptingnya sih.

3 thoughts on “Brython: Browser Python

    • Bahasa untuk client-side scripting, semacem kayak JavaScript. Tapi sekarang interpreternya masih dibikin pake JavaScript sih, belum pake interpreter Python yang embedded di browser.

  1. mas kalo script untuk download sebuah data otomatis menggunakan phyton mas udah pernah belom? ada contoh sctiptnya ga mas? trimakasih

Leave a Reply

