Penanganan Darurat Virus Shortcut

Jadi ceritanya kemarin malem gw ngebantuin orang nanganin virus shortcut yang bikin semua file di micro SDnya jadi hidden & diganti dengan shortcut-shortcut yang gak jelas. Gw sendiri pernah kena virus ini dulu. Untuk kasus gw, yang kena itu flash disknya & bisa gw bersihin pake 2 cara:

  1. Scan pake antivirus yang punya pembersih untuk virus ini. Gw sendiri pake Smadav untuk ngebersihinnya.
  2. Kalo nggak ada antivirus, gw bakal boot Linux & ngebackup semua file di flash disknya lalu diformat. Bisa juga cukup hapus file-file yang diduga virus, tapi karena gw agak males nyarinya gw pilih backup yang penting & format.

Tapi kalo lagi pake komputer yang antivirusnya gak bisa ngebersihin virus shortcut ini & gak bisa pake cara kedua tapi butuh banget buat bisa ngakses filenya, bisa download script batch ini.

Kalau udah didownload, copy ke flash disk atau SD card yang kena virusnya lalu run. Nggak ngebersihin virusnya, tapi seenggaknya bikin folder-folder yang diumpetin bisa keliatan & dibuka pake cara normal.

Kalo jumlah file & folder di dalam flash disk atau SD cardnya lumayan banyak, mungkin agak lama baru script itu kelar jalannya. Isi script batch itu begini.

@echo off

for /f "delims=" %%i in ('dir /ad/s/b') do attrib -s -h %%i

Script di atas ini bisa dicopas ke notepad, lalu disave dengan nama apa aja & dikasih extension .bat. Kalau dijalanin efeknya bakal sama dengan script yang ada di link download MediaFire yang di atas.

Kalau ditaruh di satu direktori lalu dijalanin, script ini bakal bikin semua folder yang hidden di dalam direktori yang bersangkutan bisa keliatan, baik yang bisa diliat kalau diset “Show Hidden Files and Folders” atau yang nggak.

Virus shortcut ini sejauh yang gw tau ada dua varian, yang folder hiddennya bisa diliat kalau kita ngeset “Show Hidden Files and Folders” di Windows Explorer & yang folder hiddennya nggak bisa diliat biar kata udah diset supaya hidden folder ikut ditampilin. Tapi mau gimana juga script ini bakal nampilin folder-foldernya di Windows Explorer kalo udah dijalanin.

Leave a Reply

