Gnome Network Manager untuk VPN di BackTrack 5 R3

BackTrack 5 R3 nyediain OpenVPN client yang bisa dipakai lewat terminal, tapi kemarin-kemarin ini gw bermasalah dengan OpenVPN clientnya yang cuma bisa konek sampe ke jaringan VPN yang mau gw pake tapi nggak bisa konek ke server website-website yang mau gw akses, termasuk Google. Sementara itu, gw nggak ngeliat ada VPN client yang bisa dipake untuk VPN PPTP. Jadi gw nginstall Gnome Network Manager.

apt-get install network-manager-gnome

Setelah Gnome Network Managernya diinstall, set Network Manager untuk ngemanage device. Caranya, buka file ini pakai text editor apa aja yang berasa enak dipakai (gw pake vi).

/etc/NetworkManager/nm-system-settings.conf

Di file konfigurasi itu, bakal ada baris yang isinya managed=false. Ganti baris itu dengan managed=true lalu save. Sekarang gw nyalain Network Manager yang bersangkutan.

service network-manager start

Lalu tampilan panel Gnomenya gw tambahin icon untuk notifikasi dari Gnome Network Manager. Klik icon itu, lalu ke menu VPN Connections. Dari sini pilih Configure VPN, lalu tambahkan koneksi VPN baru. Defaultnya, koneksi VPN yang bisa dipakai di sini cuma PPTP.

Gw sendiri masih ngalamin masalah setelah ini, karena koneksi ke server-server PPTP yang gw dapetin direject. Gw kurang tau juga apa masalahnya, karena beberapa server PPTP itu gw pakai di Windows lancar-lancar aja. Kalo enggak direject, konfigurasi cukup sampai di sini aja. Tapi kalo direject, kita lanjutin ke langkah berikutnya.

Tadi gw ada sedikit cerita tentang client OpenVPN yang ada di BackTrack. OpenVPN client ini enggak punya GUI, & butuh file .ovpn & file .crt dari server OpenVPN untuk bisa konek ke server yang bersangkutan. Ini bisa dipakai dari terminal. Ganti direktori aktif di terminal ke direktori tempat file .ovpn & file .crt dari server disimpan, lalu ketik perintah ini.

openvpn nama-file-dari-server.ovpn

Lalu kita bakal diminta login username & password untuk autentikasi ke servernya. Masukin username & passwordnya, lalu tunggu server ngerespon. Kalau habis ini VPNnya bisa dipakai, berarti lancar-lancar aja. Tapi gw kena masalah di sini: setelah gw konek ke server OpenVPNnya VPNBook, gw nggak bisa ngakses jaringan di luar itu.

Sekali lagi, gw kurang tau sebenernya apa masalahnya karena setelah gw utak atik Gnome Network Manager & gw tambahin extension untuk OpenVPN client GUI gw bisa lancar-lancar aja waktu konek pakai VPNBook. Untuk instalasinya, buka terminal & ketik ini.

apt-get install network-manager-openvpn openvpn

Kalau sudah, restart Gnome Network Manager. Sekarang ke menu VPN Connections, lalu Configure VPN. Waktu kita nambahin koneksi VPN baru, sekarang ada pilihan untuk nambahin koneksi OpenVPN. Kalau kita udah punya file .ovpn yang mau dipakai, waktu nambahinnya jangan pilih Add. Pilih tombol Import, lalu masukin file .ovpn yang udah didapet ke situ sekalian dengan username & password login ke servernya.

Sekarang dari icon Gnome Network Manager, pilih VPN Connections, lalu klik koneksi VPN yang mau dipakai. Koneksi gw udah lancar setelah konfigurasi ini.

Leave a Reply

