Review Windows 8 (Telat)

Jadi ceritanya gw baru aja nginstall Windows 8 di laptop. Telat emang, ini juga gw nginstall karena Windows 7 gw kemarin ada masalah & perlu diinstall ulang, jadi sekalian aja nginstall Windows 8.

Kesan pertama pas nginstallnya: kenceng gila. Windows 7 perlu waktu sekitar 15-30 menit untuk proses instalasi dari flash disknya, sejauh yang gw inget. Windows 8 butuh waktu cuma sekitar 10 menit pake flash disk. Selebihnya automatic configuration & temen-temennya kalo ditotal mungkin ada sekitar 10-15 menit lagi, jadi mungkin jatuhnya emang gak cepet-cepet amet juga sih. Kesan pertama gw agak jatuh jadinya.

Setelah semuanya oke, user interface Metro-nya mulai ditampilin. User interface ini sedikit nyebelin, karena waktu gw pertama kali pake gw bingung gimana caranya matiin apps yang jalan tanpa lewat Task Manager & gimana caranya buka Control Panel & temen-temennya. Setelah sedikit pembiasaan, akhirnya berasa oke sih.

Windows 7 ini ceritanya didesain untuk tablet & perangkat touch screen, karena itu rasanya Metro UInya ini lumayan gak enak dipake kalo input devices yang kita pake itu keyboard & mouse. Jadinya untuk instalasi aplikasi, gw milih nginstall semuanya yang versi desktop dibanding versi Windows 8 apps sih. Rasanya kebanyakan orang juga bakal ngelakuin ini.

Untuk performance sih sejauh ini gw ngerasa lumayan oke, sebagian karena Windows 7 gw udah lemot parah waktu gw mutusin buat install ulang & ganti Windows 8. Tapi rasanya sih respon dari Windowsnya lebih kenceng juga dari Windows 7 yang baru diinstall. Tapi yang paling berasa okenya itu boot speednya, dari waktu tombol power ditekan sampe muncul form log on itu waktu dihitung-hitung jatuhnya sekitar 10-15 detik. Dari log on sampai siap pake sejauh ini masih cukup kenceng, berhubung gw belum nginstall terlalu banyak aplikasi yang perlu dijalanin pas startup.

Dan ternyata program RemoveWAT yang bisa dipakai buat ngehapus fungsi perhitungan waktu untuk aktivasi di Windows 7 (kayaknya di Windows Vista juga bisa) nggak bisa dipake di Windows 8. Kalo kita pakai RemoveWAT, Windowsnya bakalan error & tiap kalo boot bakal masuk ke blue screen.

Leave a Reply

