Karena Linked List…

Struktur Data keliatannya termasuk matkul yang agak serem di kampus gw. Struktur Data ini matkul untuk jurusan TI & SK semester 2, lanjutan dari Algoritma & Pemrograman yang didapet di semester 1, & konon susah banget.

Gw sendiri nggak terlalu banyak masalah dengan matkul StrukDat ini waktu semester 2 dulu, kecuali untuk materi pertemuan 2-3 minggu terakhir yang agak ribet. Untuk gw pas waktu itu, mata kuliah ini nggak berasa terlalu susah karena isinya cuma linked list. Kurang lebih pikiran gw waktu itu gini, “Selama gw bisa ngebayangin bentuk rantainya, gampang lah.”

Oke, bukan tanpa masalah juga sih sebenernya. Berhubung bahasa pemrograman yang dipake itu C, pointer itu jadi masalah banget karena programnya sering crash karena salah pointer. Kebetulan IDE yang dipakai itu juga Dev-C++ versi terakhir, yang itungannya masih beta version & kadang-kadang compilernya ngebug. Ngurusin ini asli jauh lebih susah dibanding ngebayangin programnya kayak apa.

Semuanya lebih gampang waktu gw bikin linked list pakai C++ waktu bikin soal praktikum lab Pemrograman Berorientasi Objek tahun lalu, karena masalah pointer & syntax error itu lebih gampang diatasi karena semua method ada di dalam class. Soal yang dibikin cuma butuh single linked list yang datanya ditambah di ujung paling akhir, & otomatis dihapus semuanya waktu diinput angka 0. Tapi sayangnya menurut pengalaman waktu itu, yang bisa ngerjain & selesai selama waktu praktikum itu cuma sedikit.

Karena itu, mungkin video intro konsep linked list ini sedikit berguna untuk itu.

Kayaknya yang ada di video ini sama dengan yang diajarin dosen biasanya sih, minus kodingannya. Tapi karena sebelum ngoding bagusnya ngerti dulu apa yang mau dikoding, ini bagus untuk ditonton yang belum ngerti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s