C, C++, C#, Java

Di awal-awal gw masuk kuliah, gw dapet mata kuliah yang ngajarin dasar-dasar pemrograman pake bahasa C. Terus gw ketemu sama sepupu gw yang ngambil jurusan Sistem Informasi di Binus, dia dapet mata kuliah yang sejenis. Bedanya, dia pake bahasa pemrograman Java. Nggak berapa lama habis itu, gw ketemu temen SMA gw yang masuk Teknik Informatika di kampus yang beda dengan gw, temen SMA gw ini juga diajarin pemrogramannya pake Java. Lalu ada temen lagi yang ngambil Teknik Informatika di ITB, yang ini beda lagi. Dia dapet Lisp dulu, baru ntar nyambung ke C. Sementara temen gw yang lain lagi yang ngambil Teknik Industri di ITB dapet Pascal & C, lalu baru-baru ini satu orang temen ngambil jurusan Computer Science di Amerika (gw gak tanya kampusnya) bilang dia dapet pelajaran dasar pemrogramannya pake bahasa C++.

Anggeplah temen gw yang di Amerika itu juga dapetnya C biasa, bukan C++. Soalnya bahasa C++ biasanya kalo dipake buat belajar dasar-dasar pemrograman sih fitur-fitur yang dipakenya cuma fitur-fitur yang ada di C, yang asli dari C++ masih kurang banyak dipake. Lisp & Pascal mungkin agak jarang gw denger sih. Strukturnya yang beda dari C juga bikin gw agak bingung ngebaca source codenya, terutama Lisp. Kalo Pascal sih gw lumayan bisa ngerti pas bacanya, cuma gw nggak bisa ngodingnya karena nggak pernah bikin program pake Pascal.

Continue reading